Minggu, 12 Juni 2016

Cara Meningkatkan Hormon Progesteron Saat Hamil yang Perlu Diketahui

Hormon Progesteron
Tahukah bunda jika tingkat progesteron tinggi merupakan kunci kehamilan yang sehat?

Progesteron ini sendiri adalah hormon steroid yang dihasilkan oleh indung telur dimana jika pada saat kehamilan maka plasenta akan memproduksi hormon ini. Adapun fungsi dari progesteron adalah mencegah terjadinya kontraksi pada rahim, mencegah infeksi, mampu merangsang jaringan payudara untuk menghasilkan ASI dan memperkuat serviks. Intinya, hormon ini sangat diperlukan selama kehamilan.

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana meningkatkan hormonprogesteron saat hamil?
Menjaga berat badan.

Banyaknya mitos yang beredar jika selama hamil harus mengkonsumsi ‘banyak’ makanan karena dikonsumsi oleh dua orang ternyata membuat ibu hamil tidak bisa mengontrol berat badannya. Padahal, kondisi ini bisa membuat estrogen diproduksi dalam jumlah banyak pada sel lemak sementara protesgeron tidak mampu menyeimbanginya. Untuk itu, pilihlah makanan yang mengandung gizi serta nutrisi dan gunakan pola makan yang sehat dan seimbang.

Mengurangi stres.
Tidak sedikit ibu hamil yang mudah stres dikarenakan perubahan fisik yang terjadi. Rasa mual berlebihan, sakit pada beberapa bagian tubuh, sulit tidur hingga kelelahan adalah penyebabnya. Untuk itu, mengubah pemikiran dengan menerima kondisi yang ada bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks. Mengikuti yoga, berenang, merajut atau jalan santai dengan sahabat adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

Mengkonsumsi obat
Untuk yang satu ini sebaiknya mengikuti anjuran dokter. Mereka yang kerap mengalami pendarahan atau flek biasanya memiliki hormon progesteron yang cukup rendah. Adapun terapi ini dilakukan setidaknya 2 minggu tapi bisa juga lebih. Jika kadarnya masih juga belum meningkat, maka pengobatan lanjutan pun dilakukan seperti suntikan. Meski demikian, bunda tak perlu khawatir karena metode ini tidak mengganggu pertumbuhan si calon bayi.

Hindari aktifitas berat
Di awal kehamilan, sebaiknya ibu hamil mengurangi aktifitas yang intensitasnya cukup berat. Bed rest atau istirahat secara total dapat meningkatkan hormon progesteron dan mengurangi terjadinya pendarahan.


Perlu diingat, selama kehamilan tubuh memproduksi berbagai hormon yang tujuannya untuk mempersiapkan segala hal mulai dari penebalan dinding rahim hingga melunakkan jaringan tubuh. Dan kesemuanya itu harus seimbang agar dapat menjalankan fungsinya masing masing. Jika ternyata tidak seimbang, dapat dilakukan dengan memberi vitamin atau suplemen makanan. 

Advertiser